BERITA

Dinas Pertanian Sumbawa Launching Usaha Bidang Tembakau

Selasa, 22 Oktober 2019   admin   47  

Dinas Pertanian Sumbawa Lonching Usaha Bidang Tembakau

Sebagai upaya peningkatan Sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pertanian (Distan) kabupaten Sumbawa Launching usaha bidang tembakau. Demikian diungkapkan Kadistan Ir. Sirajuddin

Menurut Kadistan, program tersebut selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) Kabupaten. "Terkait hal tersebut Distan telah melakukan langkah kongkrit dengan membangun kemitraan dengan leading sektor terkait seperti bea cukai dan koperasi demi untuk keberlangsungan program," singkatnya.
 
Kepala Bidang Perkebunan Distan kabupaten Sumbawa H. Syahri, SP M.Si, mengatakan kalau program tersebut sedang berjalan dimana saat ini sedikitnya 197 Ha lahan yang sedang dipanen untuk dikelola menjadi bahan setengah jadi berupa tembakau rajangan atau tembakau tumpian untuk selanjutnya akan dikemas rapi.
"Distan telah membangun fasilitas menuju lokasi berupa jalan produksi, sumur bor pengadaan roda tiga dan kini sedang dalam proses pembangunan gudang tempat penampungan hasil panen," kata H.Syahri..
Diakuinya bahwa pada bulan Nopember mendatang akan dilakukan acara launching usaha baru sektor pertanian itu bertempat di Desa Buer Kecamatan Buer sebagai sentral kegiatan.
Tidak hanya sampai disitu untuk memberikan nilai tambah pihaknya telah membangun komunikasi dengan beberapa pihak luar guna mendukung dalam proses pemasaran seperti salah satunya yakni pihak bea cukai. Keterlibatan pihak cukai nantinya pada pemberian label cukai pada kemasan tembakau.
Masih kata H.Syahri, setiap daerah penghasil tembakau akan ada Dana Bagi Hasil (DBH) yang diberikan oleh negara, demikian juga dengan adanya beredar label cukai pada suatu daerah maka daerah tersebut juga akan ada Dana Bagi Hasil Cukai Daerah (DBHCD) dan inilah yang akan kita kejar nantinya dengan usaha bidang tembakau, urai H. Syahri

Untuk menjaga kontinuitas produksi kedepan, pihaknya telah membangun komunikasi pula dengan perusahan bernama PT. Sadana sebagai mitra mulai dari budidaya hingga pemasaran hasil.
"Program ini kegiatannya di Desa Buer, untuk sarana dan prasarananya (sarpras) menjadi tanggung jawab Distan Sumbawa dan saat ini sudah hampir selesai, Insya Allah kalau tidak ada rintangan pada November mendatang akan kita Launching," tambah Kasi Pengolahan dan pemasaran hasil Perkebunan Distan kabupaten Sumbawa H. Annas Malik, SP

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pengembangan dan peningkatan produksi jagung mendukung eksport atau substitusi import di Kabupaten Sumbawa.

    Pengembangan dan peningkatan produksi jagung mendukung eksport atau substitusi import di Kabupaten Sumbawa.

    Lomba BPP Model tingkat Provinsi di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa

    Dinas Pertanian Sumbawa kedatangan Tim Penilai Lomba Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Model, Kelompok Tani, Gapoktan, Petani Berprestasi, dan Penyuluh Tauladan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kecamatan Moyo Hilir

    Kadis Pertanian Minta Pola dan Jadwal Tanam Dibenahi

    berkaitan dengan sistem yang diterapkan dalam pengelolaan dan pemanfaatan areal lahan pertanian, baik itu dalam menghadapi yang musim kemarau maupun musim hujan, maka yang pasti sistem dan kegiatan pola tanam maupun jadwal tanam itu mustinya kita benahi bersama.